Mini Indonesia merupakan sebuah kesimpulan yang tepat untuk menggambarkan NFEC 2012.  Pengalaman sehari ini NFEC memberikan sebuah gambaran yang holistik mengenai keberagaman (pluralisme). Bercerita mengenai pengalaman satu hari di NFEC, bertemu dengan orang-orang yang berbeda kampung halaman, budaya, latar belakang akademis, tetapi disatukan dalam passion yang sama yaitu pendidikan.

Ga nyangka, ketemu orang-orang yang menginspirasikan saya membangun Indonesia lebih baik lagi. Saya didekatkan kepada passion dan gairah yang sama mengenai bagaimana seorang anak muda membuat perubahan yang berarti pada masa mudanya. Entah kenapa?!! Rasanya luar biasa, sebuah rasa penerimaan yang berharga mengenai bagaimana setiap orang saling menghargai visi dan membangun visi tersebut secara konsisten.

Terlahir di Papua membuat saya lebih menjadikan sebuah pertemanan dan hubungan itu berharga untuk dibangun, rasa penghargaan dan tanggung jawab moral dan sosial penting untuk dikembangkan. Saya belajar dari banyak orang mungkin 120 orang lebih yang tidak semua dapat saya kenal secara dalam, tapi saya mengagumi passion anak-anak muda untuk menjawab salah satu tantangan terbesar pembangunan bangsa, yaitu pembangunan di bidang pendidikan.

Saya sangat ditantang sekaligus diinspirasikan dengan plenary juga session di kelas yang membuka pola pikir saya bertindak dan konsisten dengan semangat atau visi yang saya miliki. Ada seorang pembicara di session kelas namannya Mizbah, sangat menginspirasi mengenai gerakan PAS (putih abu abu scholarship) dari Surabaya. Sebuah wujud keperdulian yang tinggi mengenai bagaimana memperdulikan pendidikan lanjutan agar setiap anak dapat sekolah ke tingkat SMA.

Saya juga merasakan semangat kekeluargaan yang tinggi saat malam dinner, saya rasa sebuah anugerah bisa merasakan semangan mini Indonesia dalam cakupan yang saya mengerti sebagai sebuah wahana untuk membangun pendidikan yang lebih baik. Banyak yang mau ditulis, tapi rasanya akan dilanjutin di postingan selanjutnya.

Terima kasih NFEC 2012.

 

Salam Hangat

Silvi

